Tips memelihara rumah saat musim hujan tiba


Posted on 08/09/2020 17:33:25

  • Atap rumah

    Selayaknya payung yang memberi naungan pada penggunanya, atap rumah pun berfungsi melindungi penghuni rumah di dalamnya. Oleh karena itu, kondisi atap rumah yang baik dan tidak bocor menjadi penting.

    Untuk itu, periksalah bagian atap hunian secara seksama. Apakah ada yang bergeser ataupun bocor. Periksa juga ceiling di semua ruangan untuk memastikan tidak ada noda coklat, tanda rembesan air karena atap bocor.

  • Talang air

    Setelah memeriksa atap rumah, cobalah untuk beralih kepada bagian talang air. Pastikan tidak ada sampah atau lumut yang menumpuk di pipa, agar aliran air hujan dapat mengalir dengan lancar.

    Cobalah periksa juga ujung pipa talang air untuk memastikan tidak adanya sampah yang menyumbat. Jika terdapat sampah, segera bersihkan.

  • Pastikan area yang lebih rendah aman

    Jika Anda memiliki area yang lebih rendah di rumah, seperti ruang bawah tanah, segeralah periksa setiap sudutnya untuk memastikan tidak ada bagian yang bocor dan tidak ada rembesan air.

    Apabila permukaan hunian tapak Anda lebih rendah dari jalanan, periksa saluran air di sekitar lingkungan rumah. Antisipasilah dengan membersihkan selokan dari sampah, agar air hujan tidak membanjiri area dalam rumah.

  • Bersihkan saluran air

    Untuk mengantisipasi banjir yang kemungkinan terjadi, ada baiknya sejak saat ini Anda membersihkan selokan di depan rumah. Periksa setiap saluran air disekitar rumah untuk memastikan tidak ada lagi sampah plastik atau daun kering yang menumpuk.

  • Gunakan bahan bangunan yang tahan terhadap cuaca.

    GRC board dengan produk yang tahan terhadap cuaca, tahan api dan tahan rayap sangat cocok untuk digunakan diaplikasikan di wilayah Indonesia yang mempunyai curah hujan yang tinggi.